Tips melakukan Stok Opname yang baik

Sudahkah Anda rutin melakukan Stok Opname?

Bagi Anda yang memiliki layanan farmasi tentu memiliki stok yang relatif banyak, dan Anda perlu rajin melakukan Stok Opname.

Stok opname (Stok tacking) adalah proses perhitungan ulang dan pencatatan stok secara berkala.

Berikut 3 tips yang dapat kami berikan agar proses Stok Opname Anda berjalan dengan baik dan efektif:
1. Cari suatu hari yang luang untuk melakukan stok opname, karena proses perhitungan ini memakan waktu yang cukup lama. Sebaiknya dipilih hari libur jika Anda melakukan stok opname besar. Atau Anda dapat membagi menjadi proporsi kecil berdasarkan kategori produk.
2. Lakukan secara berkala & rutin agar stok tetap up-to-date. Hal ini untuk mencegah kerugian apabila terjadi kehilangan barang, ataupun adanya karyawan yang culas.
3. Perhitungan stok dilakukan oleh minimum 2 orang / grup. Anda dapat membagi ke dalam beberapa grup berdasarkan kategori produk untuk mempercepat proses. Namun dalam satu grup tetap dilakukan oleh minimum 2 orang. Satu bertugas sebagai penghitung, satunya sebagai verifikator. Verifikator dianjurkan berasal dari departemen lain.

Setelah perhitungan stok selesai, Anda dapat menginput hasil perncatatan ke dalam sistem. Di omnicare kami menyediakan fasilitas impor data untuk mempercepat proses.

Demikian tips dari kami. Semoga bermanfaat. 😊

#omnicare_lokadok #klinikunggul #stokopname #stocktacking #farmasi #apoteker #apotek #softwareklinik #softwareapotek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *