5 Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Klinik Kesehatan

Photo Credit: National Cancer Institute (Unsplash)

Bagi klinik kesehatan, kualitas pelayanan adalah hal yang perlu diprioritaskan. Kualitas pelayanan akan berpengaruh pula pada kualitas klinik secara keseluruhan. Jika pasien mendapatkankan pelayanan berkualitas baik, maka mereka tidak akan ragu merekomendasikan klinik Anda kepada orang lain. 

Namun, meningkatkan kualitas klinik kesehatan bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak dan juga kejelian dalam memanfaatkan berbagai media yang ada. Tak perlu khawatir, ini dia lima cara meningkatkan kualitas layanan klinik kesehatan yang bisa Anda coba.

Maksimalkan tampilan profil klinik Anda di ranah online 

Di era digital ini, sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan internet dan media sosial untuk memasarkan klinik kesehatan Anda. Mulailah dengan membuat website yang berisi berbagai informasi mengenai klinik kesehatan. Informasi tersebut meliputi lokasi klinik dan berbagai layanan yang disediakan. Anda juga bisa memaksimalkan website klinik kesehatan dengan memasukan nilai dan visi misi, serta lengkapi dengan foto yang memperlihatkan kondisi klinik kesehatan Anda.

Dengan cara ini, pasien bisa dengan mudah menemukan dan mempelajari layanan yang ditawarkan oleh klinik kesehatan Anda. Mereka akan merasa lebih aman ketika datang karena sudah dilengkapi dengan informasi yang mereka temukan secara online. Apalagi jika Anda mencantumkan testimoni pasien sebelumnya, kepercayaan pasien pada klinik kesehatan Anda pun akan semakin meningkat.

Tingkatkan efisiensi operasional klinik 

Kualitas pelayanan klinik kesehatan juga bisa terlihat dari efisiensi operasional klinik. Pasien pasti akan sebal jika menunggu terlalu lama atau harus bolak-balik melakukan registrasi. Ditambah lagi jika jumlah pasien sedang banyak dan jumlah transaksi per hari sangat tinggi, risiko terjadinya human error pun bisa meningkat.

Padahal, kesalahan pada operasional bisa menurunkan kualitas klinik di mata pasien. Untuk itu, penting menggunakan sistem informasi manajemen klinik yang baik seperti Omnicare. Software klinik berbasis cloud ini dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi operasional klinik karena sudah terintegrasi penuh, mulai dari pendaftaran, rekam medis, farmasi, lab, hingga mencetak tagihan pasien. Tidak perlu khawatir lagi akan terjadi kesalahan karena Omnicare sudah mencatatnya dengan teliti dan bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Permudah pasien untuk buat janji temu 

Semua orang suka sesuatu yang mudah, termasuk membuat janji temu dengan dokter. Membuat janji temu dengan langsung datang ke klinik kesehatan tampak terlalu rumit di era yang serba online ini. Padahal, ada solusi kemudahan seperti Omnicare, di mana pasien bisa melakukan reservasi secara online dan terintegrasi ke kalender. Staf juga dapat bekerja secara lebih efisien dengan fitur pengingat otomatis yang akan dikirimkan kepada pasien lewat SMS atau WhatsApp Chat.

Sediakan ruang tunggu yang bersih dan nyaman 

Cara berikutnya untuk meningkatkan layanan klinik kesehatan Anda adalah dengan menyediakan ruang tunggu yang bersih dan nyaman. Ruang tunggu adalah salah satu tempat di mana pasien menghabiskan waktu sebelum melakukan pemeriksaan. Ciptakan suasana yang nyaman untuk pasien dengan menggunakan pencahayaan yang hangat, putar musik yang memberikan efek rileks, dan berikan tempat duduk yang nyaman.

Namun, senyaman apa pun ruang tunggu klinik kesehatan Anda, pasien tidak akan senang jika harus menunggu terlalu lama. Karenanya, perhatikan sistem operasional klinik Anda agar janji temu pasien berlangsung dengan tepat waktu.

Bentuk tim customer service dan jalankan secara optimal

Klinik  kesehatan yang baik adalah klinik yang mau terus berkembang. Salah satu cara untuk menjadi lebih baik adalah dengan mendengar keluhan dan tanggapan pasien terhadap klinik Anda. Untuk itu, tim customer service perlu dibentuk.

Customer service menjadi bentuk pelayanan untuk pasien yang memiliki kesulitan atau kendala tertentu. Mereka jugalah yang akan mendengarkan masukan-masukan dari pasien dan menyampaikannya kepada staf klinik kesehatan lain. Pelayanan customer service juga harus dijalankan dengan optimal. Bisa dengan menyediakan berbagai media bagi pasien untuk menyampaikan masukan, seperti lewat email, media sosial, SMS, atau panggilan langsung. 

Tak hanya itu, pastikan Anda juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada setiap pasien yang datang ke klinik Anda. Hal ini bisa mudah dilakukan jika Anda menggunakan software Omnicare yang dilengkapi fitur pengiriman ucapan terima kasih. Sistem akan secara otomatis mengirimkan ucapan terima kasih kepada pasien yang melakukan transaksi di klinik Anda. Di samping itu, Anda juga bisa sekaligus mengirimkan permintaan penilaian tenaga medis. Hasil dari penilaian ini pun dapat dioptimalkan untuk memperbaiki layanan klinik.

 

Teknologi sudah mendukung berbagai kegiatan operasional, termasuk untuk klinik kesehatan. Pencatatan akan lebih mudah jika dilakukan secara digital karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Apalagi data pasien di klinik kesehatan sangat banyak, hal ini bisa berisiko membingungkan staf yang bekerja.

Kabar baiknya, Omnicare menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam mengatur sistem informasi di klinik. Melalui satu platform digital berbasis cloud, Anda bisa memasukkan berbagai data yang nantinya akan terintegrasi penuh di seluruh sistem. Pada akhirnya, efisiensi operasional klinik kesehatan Anda pun dapat meningkat.

Meta desc: Kualitas pelayanan klinik kesehatan adalah faktor utama yang menentukkan kualitas suatu klinik. Inilah lima cara meningkatkan kualitas layanan klinik kesehatan Anda.

Meta tags: Omnicare, klinik kesehatan, layanan klinik kesehatan, sistem operasional klinik, kesehatan

Keyword: Klinik kesehatan

Reference:

https://omnicare.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *