Pada halaman Cek-Out standarnya wajib memilih Pasien (Pelanggan) untuk kelanjutannya. Namun jika tidak perlu menentukan suatu Pasien untuk transaksi tsb dapat dilakukan dengan menset suatu Pasien (Pelanggan) Standar (Default) yang akan digunakan otomatis tanpa harus memilih Nama Pasien di halaman Cek-Out. Caranya sbb: Buat satu Profil Pasien di menu Pasien > tekan tombol Tambah Pasien. […]
Harga Modal (HPP) Produk menjadi Nol
Sering terjadi untuk Produk dengan Harga Jual menjadi Nol apabila menggunakan metode Markup. Markup = Menaikkan Harga Jual otomatis dari Harga Modal berlaku saat ini dalam bentuk persentase Contoh seperti ini. Apabila kolom Markup diisikan suatu nilai (dalam Persentase), maka kolom Harga Jual otomatis terisi dengan formula Harga Modal + Markup %. JAWABAN: Hal ini dikarenakan […]
Melihat Log Histori Pengisian Rekam Medis
Setiap penginputan dan penyimpanan data Rekam Medis dicatat Log (Histori) nya. Untuk melihat Log datanya pada halaman Rekam Medis > tekan tombol Lainnya > pilih Log Data Dapat diketahui aktivitas Rekam Medis tsb seperti siapa yang menandai selesai, menyimpan, mengubah data, dst. Contoh historinya seperti berikut:
Integrasi SATUSEHAT Platform melalui Aplikasi Omnicare
Langkah pertama sebelum dapat mengintegrasikan data ke Satusehat Platform (SSP), Faskes perlu mendaftarkan masing-masing Faskes (per cabang) di sini Registrasi Fasyankes Untuk lebih detil nya dapat mengakses situs SATUSEHAT untuk panduan lebih lanjut berikut: PANDUAN REGISTRASI FASYANKES OLEH SATUSEHAT Setelah berhasil diverifikasi datanya, dapat masuk ke menu AKSES KODE API > Ubah di kiri bawah dari […]
Mengakses ke menu Laporan Konsolidasi
Laporan Konsolidasi adalah fitur Add-On (tambahan) yang berisi Laporan gabungan seluruh cabang Anda dalam suatu akun. Dengan Laporan Konsolidasi mempermudah Anda mengakses seluruh data transaksi cabang. Agar Pengguna dapat mengakses ke menu Laporan Konsolidasi, perlu diset beberapa hal: Berikan akses kepada Pengguna tsb ke menu Konsolidasi & Akuntansi Lanjutan Setelah Pengguna tsb melakukan Login ulang, menu […]
Verifikasi Resep oleh Farmasi
Resep yang diajukan oleh Tenaga Medis dapat di-verifikasi dahulu oleh bagian Farmasi sebelum diproses Cek-out oleh Kasir. Cara melakukan Verifikasi Resep adalah sbb: Masuk ke halaman Peresepan sebelum Resep tersebut ditransaksikan di Kasir (Cek-out). Masuk dari menu Transaksi / Penjualan > Farmasi > lalu klik baris transaksi tsb Pada halaman Peresepan > Cek Resep sudah benar (pada bagian kanan bawah halaman) Setelah diverifikasi, maka akan muncul tanda biru di layar Cek-out yang […]
Cara mengkopi Prosedur ke Spesialisasi yang Lain
Anda dapat mengkopi Prosedur dari suatu Spesialisasi ke Spesialisasi lainnya. Caranya dapat dilakukan sbb: Klik tulisan Geser untuk memperbesar tampilan Pilih Spesialisasi sumber dahulu Lalu pilih Prosedur yg ingin di-Kopi, atau Cek pada judul kolom PILIH untuk memilih semua Prosedur pada daftar Lalu tekan tombol KOPI > dan pilih Spesialisasi yang dituju dan tekan tombol […]
Filter Prosedur / Layanan berdasarkan Cabang
Anda dapat mem-filter Jasa / Layanan pada satu / beberapa Cabang saja. Caranya dapat dilakukan sbb: Masuk ke menu Pengaturan Data > Prosedur / Layanan > pilih Spesialisasi dituju Untuk mengubah satu per satu, klik tombol Berlaku di Cabang (A) > lalu pilih Cabang mana saja yang menggunakan tarif ini Atau jika merubah secara banyak, […]
Pengamanan Transaksi Penjualan
Data Transaksi Penjualan rentan dimanipulasi karena menyangkut Uang Masuk. Jika tidak dikontrol dengan baik, akan menimbulkan banyak kebocoran. Berikut beberapa panduan untuk mengamankan Transaksi Penjualan, dan menghindari Kecurangan. MEMBATASI PEMBATALAN FAKTUR PENJUALAN Dari menu Pengaturan Akun > Otorisasi > PEMBATALAN FAKTUR PENJULALAN > pilih Dengan Otorisasi > lalu pilih User yang berhak melakukan Pembatalan. User admin […]
Mencek Transaksi Penjualan yang Dibatalkan
Setiap Transaksi yang Dibatalkan tidak hilang, namun diubah statusnya menjadi BATAL. Histori Transaksi ini masih dapat diperoleh kembali. Caranya masuk ke menu Transaksi > Penjualan > Semua Penjualan > ubah Periode waktu (Tanggal awal & akhir) > ubah status menjadi DIBATALKAN TIPS: Untuk mengetahui adanya kemungkinan Faktur yang dibatalkan, adalah adanya Nomor Faktur yang melompat, […]