Integrasi SATUSEHAT Platform melalui Aplikasi Omnicare

Langkah pertama sebelum dapat mengintegrasikan data ke Satusehat Platform (SSP), Faskes perlu mendaftarkan diri pada situs SSP https://satusehat.kemkes.go.id/platform

Setelah berhasil diverifikasi datanya, dapat masuk ke menu AKSES KODE API > Ubah di kiri bawah dari SANDBOX ke PRODUCTION > maka akan ditampilkan kode Akses API (Organization ID, Client Key, Secret Key), seperti berikut ini:

Selanjutnya kode Akses API tsb dapat diinput pada aplikasi omnicare di menu Pengaturan Data > Pengaturan Cabang > SATUSEHAT untuk setiap masing-masing cabang (faskes). Lalu pilih Tahap Integrasi ke LIVE jika kode akses sudah di tahap PRODUCTION.

Selanjutnya adalah pengiriman data ke SATUSEHAT. 3 syarat mendasar agar data dikirimkan otomatis ke SS.

1. Profil Pasien harus harus memiliki No. Identitas.

2. Tenaga Medis perlu dilengkapi no KTP
Ada 2 jenis Tenaga Medis, yaitu ONLINE dan OFFLINE
Untuk Tenaga Medis ONLINE, pengisian no KTP dapat dilakukan dari situs www.lokadok.co.id > Tenaga Medis > Login. Masuk menggunakan email dan kata-sandi masing-masing. Lalu pada halaman profil klik tombol Ubah disebelah nama Tenaga Medis. Lalu isikan di kolom NO. KTP dan tekan tombol SIMPAN

Untuk Tenaga Medis OFFLINE, dapat diakses dari Beranda > Manajemen Tenaga Medis > klik Ubah pada masing-masing Tenaga Medis, dan isikan di kolom NO. KTP, lalu tekan tombol SIMPAN

3. Catatan Rekam Medis / Pertemuan, wajib diisikan Diagnosa ICD-X

Jika ke-3 Syarat ini telah dipenuhi, maka data Otomatis akan dikirimkan ke SS. Hasilnya dapat dicek di menu Transaksi / Penjualan > Pemeriksaan > kolom SS

Jikalau Kolom SS berwarna hijau, artinya data sudah sukses terkirim. Jika berwarna abu, artinya masih belum terkirim. Anda dapat melengkapi ke-3 persyaratan data tsb, lalu klik ikon awan abu pada baris tsb untuk melalukan re-sync (kirim ulang).

 

 

Leave A Comment?