Mengenal Tugas Dan Kewajiban Seorang Administrasi Rumah Sakit

administrasi rumah sakit

Adapun manfaat utama dari adanya seorang administrasi rumah sakit, tidak lain untuk membantu menyelenggarakan sistem kegiatan pelayanan kesehatan rumah sakit, pada masyarakat agar dapat dilakukan dengan baik. Lantaran sistem administrasi tersebut meliputi sistem pengaturan dan juga sistem pengaturan.

Tugas seorang administrasi rumah sakit

Adapun tugas seorang administrasi rumah sakit ini memang cukup penting dan komplek. Dimana didalamnya memberikan pengaruh besar terhadap layanan yang diberikan pada masyarakat secara langsung. Selain itu tugas dan tanggung jawabnya juga tidak dapat dianggap sepele. Pemberian sistem administrasi yang rumit, pastinya membuat masyarakat jadi kecewa.

Adapun tugas seorang administrasi rumah sakit sendiri antara lain :

  1. Melakukan berbagai macam hal yang berkaitan dengan pengaturan dan pencatatan administrasi keuangan rumah sakit. Secara tidak langsung hal ini akan mampu memberikan penilaian terhadap kondisi rumah sakit itu sendiri, apakah dalam kondisi baik atau tidak.
  2. Mampu mengatur administrasi seputar kepegawaian yang ada di rumah sakit. Dalam hal ini mencatat berbagai macam bentuk administrasi yang berkaitan dengan kegiatan para pegawai itu sendiri. Mulai dari sistem belanja para pegawai, peningkatan sumber daya manusia, dan yang lainnya.
  3. Tugas administrasi lainnya adalah mencatat penerimaan pasien di rumah sakit. Adapun sistem pencatatan ini sendiri, akan dibedakan dalam beberapa hal, mulai dari pasien rawat inap, pasien rawat jalan, atau juga pasien pelayanan gawat darurat. Dimana ketiganya membutuhkan administrasi yang berbeda.
  4. Sistem pencatatan seputar fasilitas kesehatan yang ada di rumah sakit, seperti penambahan, perbaikan dan juga berbagai jenis fasilitas dan hal lainnya juga memerlukan pencatatan, yang baik dari seorang administrasi rumah sakit.

Kewajiban seorang administrasi rumah sakit

Selain tugas, berikut ini adalah beberapa kewajiban yang juga dimiliki oleh seseorang yang bekerja di bagian administrasi rumah sakit.

  1. Mampu menyelenggarakan proses pelayanan administrasi pada para pasien dengan baik, yang membuat pasien merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang ada.
  2. Mampu melakukan pencatatan keuangan untuk pasien, pegawai rumah sakit secara lebih transparan dan terstruktur. Agar memudahkan proses penilaian secara terkoordinasi.
  3. Selain mampu mengelola fasilitas kesehatan, juga sebaiknya mampu menyelenggarakan administrasi rumah sakit secara umum, dan lebih terkoordinasi. Termasuk didalamnya mencakup tata usaha dan juga sistem pengarsipan umumnya

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tugas seorang administrasi rumah sakit, tidak dapat dikatakan mudah, karena mencakup semua hal yang cukup komplek. Selain itu seorang administrasi di rumah sakit juga jadi salah satu tolak ukur layanan rumah sakit yang diberikan. Semakin baik layanan yang diberikan, akan membuat masyarakat nyaman dan puas akan layanan pada rumah sakit tersebut.

5 Tips Mengelola Manajemen Rumah Sakit Agar Lebih Terstruktur

manajemen rumah sakit

Pastinya sistem manajemen rumah sakit yang baik, mampu membuat sistem kelola rumah sakit berjalan dengan baik. Mengingat ada cukup banyak bidang atau departemen yang dinaungi oleh rumah sakit tersebut. Apalagi dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, melakukan upgrade dalam sistem manajemen, pastinya membuat layanan yang diberikan akan semakin memuaskan.

Mulai manfaatkan teknologi yang ada

Untuk lebih memperbaiki sistem manajemen rumah sakit seperti saat ini, ada baiknya jika Anda mulai menggunakan sistem teknologi terbaru, seperti membuat dan menggunakan program aplikasi rumah sakit.

Dimana dalam aplikasi tersebut, dapat menampung berbagai macam data dan juga informasi tentang pasien, dokter, hingga hal-hal yang lebih kompleks seperti sistem keuangan dan yang lainnya.

Dengan hadirnya sistem manajemen yang lebih terstruktur dan terintegrasi dengan baik, membuat sistem penanganan pada pasien atau masalah lainnya dapat dilakukan dengan lebih baik, dan kesalahan dapat lebih diminimalisir.

Membuat akuntabilitas lebih jelas

Yang dimaksud dengan akuntabilitas disini adalah tentang kinerja dokter dan juga semua karyawan dari rumah sakit, dapat dilihat dan dikendalikan dengan baik. Berbagai sistem kerja yang dilakukan oleh masing-masing staf medis dan juga karyawan rumah sakit lainya dapat lebih jelas terlihat dan terjadwal.

Mampu meningkatkan ketaatan pada jadwal yang ada

Sudah menjadi rahasia umum, dimana masalah ketaatan pada jadwal ini cenderung lemah. Sistem manajemen yang baik, tentunya mampu meminimalisir hal-hal demikian. Salah satu caranya adalah dengan menetapkan sanksi pada siapa saya yang lalai atau tidak dapat menunaikan tugas dengan alasan yang kurang logis.

Melakukan training pada pegawai

Seperti halnya mengelola fasilitas kesehatan yang harus dicek secara rutin, melakukan raining para pegawai juga dinilai penting. Dalam hal ini para pegawai akan diberikan training sesuai dengan bidang yang dimiliki, agar kelak mampu memberikan pelayanan yang lebih baik, untuk para pasien kelak.

Karena sering kali terjadi, kurangnya pengetahuan dari para karyawan atau pegawai rumah sakit dalam menangani pasien, membuat pelayanan yang diberikan terkesan buruk, dan sedikit banyak mencoreng nama baik rumah sakit itu sendiri.

Mengelola website dan media sosial

Di jaman modern seperti sekarang ini mempunyai website atau juga sosial media bagi sebuah website, pastinya dianggap penting. Sebah website dan sosial media, penting untuk membantu mendekatkan diri dari pihak rumah sakit dengan pasien atau juga calon pasien.

Hadirnya website, sosial media atau bahkan aplikasi, membuat para pasien dan juga calon pasien lebih mudah memperoleh berbagai macam informasi yang dibutuhkan, tentang berbagai macam hal yang diinginkan secara mudah.

Sebenarnya mengelola sebuah rumah sakit memang tidak mudah, mengingat ada cukup banyak departemen dan juga orang yang harus ditangani dengan baik. Namun sebenarnya semua dapat diatasi dengan adanya sistem manajemen rumah sakit yang baik dan terstruktur.

4 Cara Mengelola Klinik Kesehatan Di Era Digital

cara mengelola klinik kesehatan

Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, tentunya kini sistem pengelolaan klinik tidak lagi dapat dikelola secara manual dan juga konvensional. Anda sebaiknya mulai mengupdate layanan dan fasilitas kesehatan dengan menggunakan beberapa teknologi tertentu, termasuk di dalamnya proses marketing dan juga layanan yang terintegrasi dengan sistem tertentu. Berikut adalah beberapa cara mengelola klinik kesehatan secara digital, yang sebaiknya Anda lakukan :

Membuat platform khusus

Adapun cara mengelola klinik kesehatan di era digital yang pertama adalah dengan mulai membuat sebuah platform khusus atau aplikasi kesehatan. Dimana di dalam aplikasi tersebut, pasien mudah membuat / mengubah jadwal dengan dokter, mudah melakukan konsultasi, atau keperluan kesehatan lainya.

Aplikasi yang dibuat tersebut, sebaiknya mudah diunduh di berbagai ponsel pintar. Dimana aplikasi tersebut nantinya akan terintegrasi dengan layanan atau tenaga kesehatan yang ada. Tentunya hal tersebut dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan kesehatan para pasien itu sendiri.

Secara tidak langsung dengan adanya aplikasi seperti ini, semua orang, baik itu tenaga kesehatan dan pasien akan terhubung dalam sebuah platform yang seamless. Salah satu kelebihan dari adanya aplikasi ini, selain mampu meningkatkan bisnis klinik Anda juga memudahkan para karyawan dan memudahkan pasien untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara lebih baik.

Membuat layanan konsultasi secara online

Dengan adanya platform atau aplikasi tersebut, Anda dapat dengan mudah membuat jadwal konsultasi secara online, misalnya saja membuka layanan konsultasi dari jam 9 pagi hingga jam 8 malam. Selama jangka waktu tersebut, pihak dokter yang bertugas akan memperoleh slot untuk memberikan layanan konsultasi yang dimaksud.

Adapun kelebihan dari layanan konsultasi secara online disini adalah pihak pasien tidak perlu lagi datang ke klinik, apa lagi antri hanya untuk melakukan konsultasi dengan pihak dokter.

Sistem pemesanan secara online

Salah satu fitur yang ada di aplikasi, yang sebaiknya Anda masukkan adalah, adanya layanan pemesanan secara online. Fitur ini penting untuk diperhatikan, untuk memudahkan para dokter dan tenaga medis yang ada, untuk mengetahui berapa jumlah pasien yang akan datang berkunjung. Sedikit banyak informasi seperti ini akan mempermudah para tenaga medis dalam melakukan persiapan, terutama menghindari penumpukan pasien.

Selain itu informasi seperti ini juga mampu mengoptimalkan layanan konsultasi, dengan pihak dokter agar berjalan secara lebih baik.

Membuat website yang terintegrasi dengan aplikasi

Dalam mengelola fasilitas kesehatan di era digital seperti saat ini, aplikasi atau platform saja dinilai tidak cukup. Akan lebih baik, jika Anda juga membuat sebuah website khusus klinik. Sebaiknya website tersebut sudah terintegrasi dengan aplikasi atau platform yang sudah dibuat sebelumnya.

Tidak hanya itu optimalkan website yang Anda miliki dengan menggunakan sistem SEO dan juga SEM. Secara tidak langsung hal seperti ini akan membantu pemasaran atau marketing dari klinik Anda.

Dari ulasan di atas, sedikit banyak, Anda tentu sudah mempunyai gambaran tentang bagaimana cara mengelola klinik kesehatan di era digital, yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Pengertian Dan Tujuan Adanya Manajemen Rumah Sakit

manajemen rumah sakit

Seperti layaknya perusahaan pada umumnya, yang didalamnya terdapat sistem manajemen yang lengkap, untuk mampu mensupport dan mendukung sistem kerja perusahan itu sendiri, demikian pula dengan sebuah rumah sakit. Sistem manajemen rumah sakit pastinya berperan penting, untuk mampu memberikan layanan yang layak bagi para pasien yang mengunjungi rumah sakit tersebut secara tepat.

Pengertian manajemen rumah sakit

Adapun pengertian dari manajemen rumah sakit sendiri adalah sebuah koordinasi yang dilakukan, dari berbagai sumber daya yang ada melalui proses perencanaan, pengorganisasian dan juga adanya kemampuan mengendali untuk memperoleh sebuah tujuan.

Adapun manajemen lingkungan rumah sakit ini, adalah manajemen yang tidak statis, melainkan dinamis. Ini yang membuat proses adaptasi dan penyesuaian selalu diperlukan, ketika terjadi perubahan di rumah sakit, termasuk di dalamnya sumber daya, proses dan kegiatan rumah sakit lainnya. Demikian pula etika ada perubahan yang terjadi di luar rumah sakit, seperti perubahan pada peraturan undang-undang, atau juga pengetahuan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi yang ada.

Tujuan adanya manajemen rumah sakit

Adapun tujuan dari adanya sistem manajemen rumah sakit ini adalah untuk :

  1. Mampu mempersiapkan sumber daya secara lebih baik. Terutama Sumber Daya Manusia. Seperti halnya perusahan yang membutuhkan SDM berkualitas untuk masing-masing bidang, demikian pula dengan sistem manajemen rumah sakit. Dalam hal ini SDM yang dibutuhkan juga cukup banyak, seperti misalnya saja tenaga perawat, tenaga medis sesuai bidang yang digeluti, tenaga administrasi, tenaga keuangan dan yang lainnya.
  2. Mampu melakukan evaluasi pelayanan secara lebih efektif. Dimana dalam hal ini, pihak rumah sakit akan mampu melakukan evaluasi atas berbagai macam pelayanan yang diberikan pada para pasien yang datang. Jika ada yang kurang, akan segera dibenahi, jika dinilai bagus, akan lebih ditingkatkan.
  3. Mampu mengatur berbagai macam sistem pelayanan secara lebih baik dan terarah. Dengan adanya sistem manajemen seperti ini, maka pihak rumah sakit dapat membuat, mengatur atau mengelola fasilitas kesehatan, mudah melakukan pendataan administrasi dan juga layanan lainnya. Mulai dari masalah kedaruratan pasien, penyimpanan data pasien, sistem pemberian informasi dan yang lainnya.
  4. Mampu membuat efisiensi layanan jadi lebih baik. Maksudnya mampu memberikan layanan secara lebih efisien sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasien itu sendiri.
  5. Mampu membuat kualitas layanan jadi lebih baik.  Yang jarang orang sadari adalah, kegiatan keorgaisasian dalam rumah sakit ini terbilang cukup kompleks. Tidak cukup hanya pengalaman saja, apalagi jika didasarkan atas perkiraan saja.

Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, tentunya manajemen rumah sakit harus ikut berkembang. Tujuannya agar pihak rumah sakit mampu bersaing secara lebih baik dengan pihak rumah sakit lain dalam hal memberikan fasilitas dan juga mampu memberikan pelayanan yang baik untuk para pasiennya.

3 Keuntungan Memakai Sistem Terintegrasi Pada Operasional Rumah Sakit

operasional rumah sakit

Rumah sakit yang besar ataupun rumah sakit kecil pastinya memiliki data pasien yang tidak sedikit. Apalagi pasien di rumah sakit tidak pernah ada habisnya, selalu ada saja yang datang. Namun jika operasional rumah sakit dilakukan secara manual akan sangat merepotkan.

Besar kemungkinan juga terjadi kelalaian, di mana data pasien bisa hilang atau tercampur. Untuk menghindari hal tersebut memang saat ini sebagian besar rumah sakit mulai melakukan integrasi dengan data-data rumah sakit.

Tapi apakah sistem pengelolaan data seperti itu memang menguntungkan? Yuk, simak manfaat yang bisa didapatkan Ketika memakai sistem tersebut.

Mendapatkan Laporan yang Lengkap dan Tertata Rapi

 Dalam mengelola fasilitas Kesehatan dibutuhkan laporan yang jelas setiap bulannya agar tidak ada dana yang hilang tanpa keterangan yang jelas. Namun, data yang besar itu dengan adanya sistem informasi yang terintegrasi membuat semuanya jadi lebih mudah dirapikan.

Sehingga untuk membuat laporan keuangan harian, bulanan, dan tahunan menjadi lebih mudah. Selain itu, sistem tersebut juga berguna untuk mendata pasien yang keluar dan masuk sehingga berapa banyak pun pasien yang datang atau yang sudah pernah datang menjadi tidak sulit ditemukan datanya.

Memastikan Kelengkapan Data Rumah Sakit

Rumah sakit memiliki alat-alat yang lengkap, obat-obatan yang beragam jenisnya, hingga lisensi dari para dokter. Banyaknya data tersebut ternyata harus selalu update dan lengkap datanya. Tapi hal itu akan sulit dilakukan jika sistem informasi rumah sakit masih manual.

Dengan sistem yang terintegrasi, akan memudahkan pemantauan data-data tersebut. Mulai dari perizinan pemakaian obat-obat tertentu pada pasien dan alat-alatnya. Sehingga akan banyak data yang harus di input setiap kali akan digunakan. Dengan semua data yang terintegrasi dan dilakukan dengan taat, maka proses tersebut akan menghasilkan data yang rapi.

Menghindari Kemungkinan Terjadinya Masalah

Sistem operasional rumah sakit yang saat ini berjalan bisa saja terjadi masalah yang tidak terduga. Tapi tenang saja karena jika sudah diterapkan sistem yang terintegrasi, maka tidak akan sulit bagimu untuk mengatasi masalah yang ada.

Semua data yang dibutuhkan terkait history pemakaian dan lainnya menjadi lebih mudah untuk dipantau. Tinggal buka Kembali datanya yang hanya memerlukan waktu singkat. Kegiatan operasional pun tetap dapat berjalan dengan normal tanpa adanya hambatan.

Walaupun dalam menjalankan suatu usaha pasti selalu ada hambatan tapi jika dapat diminimalisir kasusnya, hal itu akan lebih menyenangkan bukan?

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika mengelola operasional rumah sakit dengan memakai sistem informasi yang sudah terintegrasi. Banyak kemudahan yang bisa dirasakan. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mengelola rumah sakit dengan memakai metode tersebut. Selamat mencoba.

Cara Yang Baik Mengelola Administrasi Klinik Agar Pasien Nyaman

administrasi klinik

Mengelola fasilitas Kesehatan bukanlah hal mudah yang dapat dilakukan dengan sembarangan. Kenyamanan pasien saat datang untuk berobat pun harus menjadi prioritas utama. Dengan adanya pengelolaan yang tepat, ternyata para dokter pun juga merasa lebih nyaman Ketika melayani pasien.

Untuk itu, agar pengelolaan klinik Kesehatan dapat berjalan dengan baik sebaiknya ketahui dahulu beberapa tips mengelola administrasi klinik yang bikin nyaman pasien dan dokter seperti berikut ini.

Cara Mengelola Klinik Kesehatan

Di dalam klinik Kesehatan harus diterapkan taat administrasi agar semua prosesnya dapat berjalan lancar, tidak menimbulkan kekacauan, apalagi penumpukkan antrian pasien yang berlebihan. Untuk itu, pastikan pihak klinik telah membuat aturan yang jelas, khususnya pada area front office.

  • Membuka Jalur Pendaftaran

Hal utama yang harus disiapkan oleh klinik saat pasien baru datang yaitu membuka area pendaftaran. Hal ini sangat berguna untuk merekap data pasien, memastikan antriannya tidak menumpuk, selain itu jika pasien yang sama datang untuk kesekian kalinya akan lebih mudah untuk proses track record catatan medisnya.

Mengelola klinik Kesehatan seperti ini tentu akan sulit dilakukan jika manual namun, saat ini sudah ada berbagai sistem yang memudahkan pencatatan. Sehingga, data pasien akan tersimpan lebih rapi. Walaupun sudah ada banyak sistem pencatatan yang ditawarkan, sebaiknya perhatikan baik-baik secara keseluruhan agar nantinya tidak salah memilih program.

  • Menyiapkan Kartu Pasien

Kartu pasien menjadi bagian dari administrasi klinik yang tidak kalah pentingnya karena setiap kartu pasti ada kodenya masing-masing. Dengan begitu, Ketika pasien datang Kembali akan memudahkan untuk mengambil data pasien.

Di dalam kartu tersebut pun akan tercantum data diri utama pasien seperti nama, alamat, dan sebagainya tergantung kebutuhan klinik tersebut.

  • Mendata Transaksi Pasien

Seluruh kegiatan pasien di klinik Kesehatan harus tercatat dengan baik. Hal ini sangat penting agar riwayat pasien terdata dan menghindari kegiatan illegal. Apa saja yang harus dicatat? Dalam mengelola klinik Kesehatan, petugas administrasi wajib mencatat kedatangan pasien, pengobatan apa saja yang dilakukan, dengan dokter siapa pasien diperiksa, hingga obat-obatan yang dibelinya, tentu saja resep obat yang diberikan oleh dokter.

Dengan begitu, jika dibutuhkan untuk mencari tahu detail obat yang dikonsumsi sebelumnya, dokter hanya perlu membuka riwayat pasien tanpa harus menanyakan pada pasien yang sedang sakit.

  • Sediakan Bukti Pembayaran yang Sah

Setelah berobat, pasien memang wajib membayar jasa dokter dan menebus obat-obatan yang disarankan oleh dokter. Agar transaksi tersebut menjadi sah maka dibutuhkan bukti berupa bill atau invoice.

Pihak yang mengelola klinik Kesehatan bagian keuangan pun akan lebih mudah mencatat dan memastikan pembayaran yang masuk.

Itulah beberapa cara mengelola administrasi klinik yang baik agar nyaman untuk pasien dan dokter yang praktek.

Pentingnya Sebuah Manajemen Klinik Pratama

manajemen klinik pratama

Segala hal yang berkaitan dengan manajemen harus dilakukan dengan maksimal agar operasional bisa tetap  berjalan. Hal tersebut juga berlaku untuk manajemen klinik pratama yang merupakan fasilitas kesehatan di tingkat pertama. Sebagai fasilitas kesehatan dasar maka tentunya pihak manajemen klinik pratama harus bisa memberikan fasilitas yang terbaik.

Tentunya menjadi sebuah kebanggaan juga apabila pasien yang datang ke klinik bisa sembuh total sehingga tidak perlu lagi berobat ke fasilitas kesehatan yang lebih besar, untuk itu pihak manajemen memang harus memiliki pengetahuan akan manajemen yang baik demi menjadi fondasi kelancaran operasional manajemen di klinik pratama tersebut. Pasien yang datang tentunya juga bisa menilai baik buruknya manajemen sebuah klinik dari cara mereka dalam mengelola fasilitas kesehatan tersebut. Agar terciptanya sebuah manajemen yang baik maka tentunya semua pihak harus bisa mengetahui tentang manajemen ini. Berikut ini pihak-pihak yang harus ambil bagian dalam menjalankan manajemen klinik pratama :

Manajemen Klinik

Pihak Manajemen Klinik menjadi tonggak untuk memperkuat fondasi dari pelaksanaan manajemen klinik pratama yang baik. Pihak manajemen haruslah membuat aturan yang tepat agar pelaksanaan manajemen bisa lebih terarah, maka dari itu jika Anda menjadi bagian dari sebuah manajemen klinik, Anda harus bisa memberikan peraturan yang tepat sesuai dengan pelaksanaan manajemen yang baik. Kemudian Anda juga harus membekali diri Anda dengan pengetahuan tentang manajemen, maka dari itu dalam bagian manajemen klinik dibutuhkan orang yang tidak hanya paham masalah pelayanan kesehatan saja melainkan juga paham mengenai masalah manajemen. Regulasi pelayanan kesehatan tentunya terus diperbarui dan pihak manajemen harus bisa selalu mengupdate informasi mengenai hal tersebut.

Petugas Medis

Petugas medis biasanya merupakan orang-orang yang akan berhubungan langsung melayani pasien yang ingin berobat maka dari itu petugas medis merupakan garda terdepan dari kualitas manajemen klinik pratama yang terbaik. Petugas medis juga menjadi tolok ukur bagi masyarakat yang berobat tentang pelayanan kesehatan yang baik di klinik tersebut. Petugas medis juga dituntut untuk bisa menggunakan aplikasi sistem manajemen rumah sakit dengan baik. Maka dari itu tugas petugas medis dalam pelaksanaan manajemen klinik pratama itu sangatlah banyak.

Dokter

Tak terkecuali, dokter juga menjadi bagian dari pelaksanaan manajemen klinik pratama, seorang dokter yang bekerja pada sebuah klinik pratama tentunya harus menaati aturan manajemen yang ada  pada klinik tersebut agar bisa membuat klinik pratama bekerja dengan sebagaimana mestinya. Dokter tidak boleh acuh tak acuh dan harus ikut serta dalam pelaksanaan manajemen klinik pratama. Dengan kesadaran dari semua pihak tentang pentingnya pelaksanaan manajemen klinik pratama yang baik maka tentunya akan tercipta sebuah klinik yang berkualitas untuk masyarakat.

Tips Optimalkan Manajemen Klinik Kesehatan

manajemen klinik kesehatan

Sebagai seorang pengelola dari fasilitas kesehatan maka tugas yang diemban tidaklah mudah. Dalam mengelola fasilitas kesehatan tentunya yang harus dipelajari tidak hanya masalah kesehatannya saja, namun juga hingga ke bagian bidang pelayanan dan manajemennya. Hal tersebut harus diperhatikan bahkan pada fasilitas kesehatan pratama seperti misalnya klinik. Karena biasanya masyarakat akan datang ke klinik kesehatan terlebih dahulu, maka tentunya manajemen klinik kesehatan harus bisa dijalankan dengan baik oleh klinik tersebut. Dengan demikian klinik kesehatan bisa memberikan pelayanan yang maksimal untuk semua masyarakat yang datang berobat. Jika Anda ingin mengoptimalkan manajemen klinik kesehatan di tempat Anda bekerja saat ini maka Anda bisa lakukan beberapa tips berikut ini :

Edukasi Staff Medis

Ada banyak hal yang harus diberitahukan kepada staf medis perihal manajemen klinik kesehatan yang baik. Salah satunya hal yang harus diedukasi adalah perihal pemberitahuan kepada pihak pasien tentang rincian pelayanan kesehatan yang diberikan setelah pasien berobat beserta rincian biayanya, karena tidak semua biaya pelayanan kesehatan bisa ditanggulangi oleh BPJS, ada juga pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung oleh BPJS. Maka agar pasien bisa mempersiapkan dananya, pihak staf medis wajib memberitahukan sebelumnya, agar bisa didapat informasi apakah sekiranya pasien mampu untuk membayarnya atau tidak. Hal ini berkaitan juga dengan manajemen operasional klinik agar bisa berjalan dengan baik maka tentunya tidak boleh melepaskan unsur perhitungan dana yang digunakan dalam melayani kesehatan pasien. Tentunya  keselamatan pasien diutamakan namun manajemen operasional dan finansial juga penting agar klinik bisa tetap beroperasi seperti biasa.

Upgrade Metode Pembayaran Online

Saat ini sudah eranya digital, kebanyakan masyarakat saat ini sudah terbiasa melakukan transaksi online. Maka dari itu tentunya akan sangat memudahkan pasien jika pembayaran atas pelayanan kesehatan di klinik  bisa dilakukan secara online, bisa lewat transfer atau dengan akun e-money misalnya OVO, Linkaja dan lainnya. Dengan adanya pilihan metode pembayaran online maka tentunya pasien yang berobat akan lebih nyaman dalam bertransaksi sehingga kelancaran pelayanan kesehatan juga bisa lebih maju. Dalam manajemen klinik kesehatan hal ini bisa dijadikan tips jitu untuk memperlancar pelaksanaan manajemen klinik kesehatan.

Meninjau manajemen klinik kesehatan Secara Berkala

Tentunya agar bisa dilihat bahwa metode yang digunakan dalam manajemen klinik kesehatan itu berjalan dengan baik atau tidak maka Anda sebagai petugas  yang berwenang dari klinik tersebut haruslah senantiasa meninjau manajemen klinik kesehatan yang telah dijalankan secara berkala. Dengan demikian bisa diambil evaluasi untuk bisa terus mempertahankan manajemen klinik kesehatan yang telah dilaksanakan atau menggantinya dengan yang lebih efektif. Dengan adanya evaluasi ini maka manajemen klinik kesehatan bisa semakin sempurna dari waktu ke waktu,

Makin Mudah Mengelola Klinik dengan Sistem Informasi Manajemen Klinik

Sistem Informasi Manajemen Klinik

Klinik merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang saat ini juga banyak memanfaatkan perkembangan dari teknologi informasi. Dalam pelayanannya ada banyak klinik yang menggunakan sistem informasi manajemen klinik dengan cara digital untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Penggunaan teknologi sebenarnya bukan tanpa alasan. Ada beberapa manfaat yang didapatkan ketika menggunakan teknologi untuk software klinik diantaranya:

Waktu Pasien Jauh Lebih Singkat

Sebenarnya manfaat utama dari penggunaan teknologi adalah untuk memudahkan pasien. Pasien bisa mengakses dengan mudah informasi dan pelayanan kesehatan. Misalnya Pasien bisa melakukan konsultasi dengan cara online, menembus obat secara online dan melakukan pendaftaran pemeriksaan dengan cara online. Pasien tidak lagi harus mengantri berjam – jam untuk bisa mendapatkan pelayanan. Tentu saja ini akan menghemat waktu dan tenaga mereka.

Tenaga Medis Lebih Cepat Menolong Pasien

Dengan adanya perkembangan teknologi dengan sistem informasi manajemen klinik maka akan sangat membantu bidang kesehatan. Pada dokter dan tenaga medis akan jauh lebih cepat dalam membantu dan menolong pasien tanpa mereka harus bertemu langsung secara tatap muka. Terutama di masa pandemi seperti saat ini, maka meminimalisir pertemuan adalah jalan terbaik untuk tidak menyebarkan virus.

Dengan adanya internet dan juga gadget yang dimiliki oleh pasien, dokter dan tenaga medis bisa menjangkau pasien dengan jauh lebih mudah. Selain itu, dokter bisa melayani pasien dengan jauh lebih fleksibel dimanapun dan kapanpun sehingga pelayanan yang diberikan dengan jauh lebih cepat untuk pasien.

Database Riwayat Lebih Rapi

Keuntungan lain yang bisa sangat membantu dari sistem informasi manajemen klinik adalah penyimpanan database. Dengan adanya teknologi yang berkembang dalam bidang kesehatan saat ini maka proses penyimpanan, pengelolaan dan juga perawatan data akan menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, akan jauh lebih memudahkan pasien dan juga para tenaga medisnya dalam memantau perkembangan kondisi pasien.

Keberadaan teknologi dalam hal ini sangat membantu proses penyediaan layanan menjadi jauh lebih mudah. Dengan adanya software klinik ini maka akan membantu klinik dalam menyimpan dan mengelola data penting milik pasien ataupun klinik.

Alur Kerja Lebih Sistematis dan Sederhana

Sebenarnya keuntungan yang bisa didapatkan dari perkembangan teknologi yang terus berkembang dalam bidang kesehatan ini membantu alur kerja menjadi lebih sistematis dan menjadi lebih sederhana. Hal ini karena dengan adanya layanan online dan sistem informasi manajemen klinik yang baik maka akan membuat alur kerja menjadi lebih sederhana dan tidak sepanjang pada saat Anda harus datang ke penyedia layanan kesehatan.

Dengan layanan ini pasien bisa membuat janji dengan cara online tanpa harus datang dan antri, selanjutnya pasien juga bisa melakukan konsultasi di waktu yang sudah ditentukan sehingga akan menghindari antrian yang bisa berjam – jam. Semuanya akan jauh lebih terasa singkat dan lebih efektif.

Sangat Membantu, 4 Manfaat Penggunaan Software Klinik Gigi

Software klinik gigi

Saat ini teknologi semakin hari terus berkembang. Hal ini tentu saja memberikan pengaruh pada permintaan untuk kebutuhan dan penggunaan informasi teknologi itu sendiri. Dengan teknologi semua kebutuhan masyarakat akan jauh lebih efektif, efisien dan juga fleksibel. Tak heran jika teknologi juga sangat bermanfaat untuk semua kehidupan. Dan salah satu bidang yang juga sangat berpengaruh adalah penggunaan teknologi software klinik gigi.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dapatkan oleh pengguna software klinik seperti rekam medis ini. Baik untuk para dokter, staf dan pasien. Berikut beberapa manfaat penggunaan software untuk memenuhi kebutuhan klinik dental. Diantaranya:

Database Mudah Diakses dan Tersimpan Baik

Sebelumnya, bukan hanya klinik gigi namun klinik lainnya juga menyimpan data rekam medis dan data lain secara manual dalam bentuk dokumen kertas. Sebenarnya cara ini dianggap kurang efisien karena bisa saja hilang atau mengalami kerusakan. Sedangkan dengan sistem software klinik gigi seperti penyimpanan rekam medis ini bisa disimpan dalam satu aplikasi. Sehingga bisa tersusun secara rapi, aman, dan bisa diakses dengan mudah. Dengan demikian secara otomatis akan mengurangi resiko terjadinya kehilangan data.

Informasi Stok Obat

Seperti yang diketahui bersama jika persediaan obat dan alat adalah satu hal yang sangat penting terutama untuk klinik gigi. Misalnya seorang pasien membutuhkan obat tertentu namun ternyata stok habis karena tidak ada catatan atau tidak bisa dilacak. Nah, penggunaan software klinik gigi ini sebenarnya bisa membantu untuk mengurangi kemungkinan tersebut. Yang perlu dilakukan adalah dengan menginput data obat melalui aplikasi ini sehingga Anda akan dengan lebih mudah untuk bisa memantau jumlah stok obat dengan lebih akurat dimanapun dan kapanpun Anda berada.  Dengan proses yang mudah, cepat dan tersusun secara sistematis maka bisa menghemat waktu staf di klinik untuk berfokus pada pekerjaan lainnya.

Laporan Keuangan Lebih Rapi

Software klinik gigi juga sangat penting untuk melihat seperti apa arus kas keluar masuknya. Sebelumnya, banyak klinik yang membuat laporan keuangan dengan cara manual. Hal ini tentu saja akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuatnya, mengoreksi kembali yang mana sangat memakan banyak waktu. Belum lagi jika ada masalah human error. Nah, dengan menggunakan software klinik gigi tentu saja akan membantu Anda meminimalisir masalah tersebut. Akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan laporan keuangan dengan cara berkala tanpa harus membuat laporan manual dengan software untuk klinik Anda.

Fitur Pengingat Untuk Dokter dan Pasien

Software klinik gigi sebenarnya bisa membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak pasien untuk kembali ke klinik. Dengan fitur pengingat maka pasien akan diingat kembali secara berkala untuk waku perawatan dan memeriksa perkembangan mereka. Anda juga bisa mengirimkan pesan untuk pasien ketika di tanggal ulang tahunnya atau hal spesial lainnya. Dengan demikian pasien akan merasa diperhatikan dan membuat meningkatkan kepuasan dari pasien tersebut terhadap pelayanan yang diberikan oleh klinik gigi.