Melakukan Rujukan Internal

Tenaga Medis dapat merujuk pasien ke spesialis / poliklinik lain melalui Rekam Medis. Bisa digunakan untuk kondisi, seperti:

  • Dokter merujuk Pasien untuk melakukan terapi
  • Dokter merujuk ke Dokter spesialis lainnya

Caranya dapat dilakukan sbb:

Pada halaman Rekam Medis > menuju ke bagian Rujukan & Kontrol, lalu lengkapi data sbb:

A. Pilih Status Lanjutan menjadi Internal
B. Pilih Spesialisasi yang ingin dituju, misal: Dokter Gigi
C. Pilih Tenaga Medis yang ingin dituju. Jika belum diketahui bisa dikosongkan dahulu (Tidak wajib diisikan)
D. Isikan catatan rujukan (wajib diisikan sebagai instruksi kepada Tenaga Medis yang dirujuk)
Lalu Tandai Selesai rekam medis dan tekan tombol Simpan

Dengan dipilihnya nama Tenaga Medis yang dirujuk atau tidak akan mempengaruhi Alur proses Perujukan selanjutnya. Terdapat 2 kondisi, sbb:

I. RUJUKAN DENGAN TENAGA MEDIS YANG DITETAPKAN

Pada metode ini, Antrian akan otomatis didaftarkan oleh sistem setelah Rekam Medis awal di Tandai Selesai dan di Simpan.

Antrian yang dirujuk secara otomatis ini akan memiliki Tujuan Berkunjung = Rujukan Internal. Dan pada Rekam Medis akan ditampilkan sbb:

II. RUJUKAN TANPA PEMILIHAN TENAGA MEDIS

Pada metode ini, Pendaftaran akan dilakukan secara manual oleh staf Pendaftaran. Alurnya sbb:

  1. Selang beberapa waktu, staf Pendaftaran (yang memiliki akses ke menu Pendafaran / Daftar Antrian mendapatkan notifikasi tugas berupa Alarm sbb. Lalu klik pada Tautan yang diberikan (dan sistem sekaligus menandai tugas ini sebagai telah Selesai dikerjakan).
  2. Maka Anda akan diarahkan ke halaman Pendaftaran dengan data pasien yang sudah terpilih. Selanjutnya tinggal memiliki Tenaga Medis yang belum terpilih (jika belum ditentukan dari awal saat pengisian Rekam Medis). Lalu Cek-in / Daftarkan Pasien seperti biasa.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana Tenaga Medis dapat saling merujuk Internal melalui aplikasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi alur operasional dan komunikasi internal.

Leave A Comment?